Ada suatu istilah baru dari layanan Google yaitu Google Shopping. Google Shopping ini merupakan sebuah layanan yang bisa Anda gunakan yang berisi iklan dari suatu produk lengkap beserta foto produk untuk Google Shopping ads dengan detail deskripsi dari produk tersebut.
Tak hanya itu saja layanan Google Shopping ini juga terdapat detail harga sampai dengan link agar bisa berbelanja produk secara online. Selain itu Anda juga bisa menggunakan layanan dengan lebih mudah untuk bisa mencari barang yang kriterianya dapat disesuaikan dengan apa yang diinginkan.
Google saat ini memang sudah menjadi salah satu hal yang bahkan hampir dibutuhkan oleh semua orang terutama untuk mencari informasi. Foto produk untuk Google Shopping ads ini perlu dibuat semaksimal mungkin sehingga banyak pengguna yang merasa bahwa produk Anda menarik.
Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara untuk membuat foto produk menjadi lebih menarik Anda juga harus memahami terlebih dahulu apa itu Google Shopping ads.
Apa Itu Google Shopping Ads?
Google Shopping ads ini merupakan layanan dari Google yang berisi iklan berupa produk listing. Calon pelanggan dapat membandingkan harga suatu produk tanpa perlu membuka website terlebih dahulu.
Jika ingin beriklan di Google Shopping ads ini perlu persiapan yang lebih berbeda jika dibandingkan dengan beriklan teks biasa. Pada iklan Google Shopping ads perlu menentukan waktu kemunculan iklan. Faktor penentunya di antaranya ada kecocokan gambar, produk, dan juga harga.
Manfaat Google Shopping Ads
Google Shopping ads ini memiliki berbagai manfaat yang bisa didapatkan di antaranya sebagai berikut.
Meningkatkan conversion rate
Manfaat pertama yaitu meningkatkan conversion rate. Jika beriklan dengan menggunakan Google Shopping maka Anda bisa meningkatkan konversi sampai dengan 25%. Tentu saja angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan iklan biasa dan sangat fantastis untuk Anda yang tengah berjuang dalam meningkatkan konversi penjualan.
Iklan muncul di tempat strategis
Manfaat selanjutnya yaitu iklan dapat muncul di tempat-tempat yang strategis. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Google Shopping ini banyak disukai pebisnis online karena dapat muncul di tempat yang strategis. Iklan bisa muncul pada area strategis yaitu di bagian bawah kotak pencarian.
Sebagai branding toko online
Dalam dunia bisnis online branding merupakan salah satu yang sangat penting dan menjadi kunci sukses untuk bisa meyakinkan pelanggan. Pelanggan akan lebih yakin dengan produk yang Anda beli dan meningkatkan peluang dengan adanya branding ini. Semakin tinggi kepercayaan dari calon pelanggan maka peluang juga akan lebih banyak.
Jika Anda ingin menampilkan iklan yang lebih maksimal melalui Google Shopping maka Anda juga harus mengoptimalkan foto produk yang digunakan untuk iklan tersebut.
Foto produk ini akan sangat berpengaruh karena visual atau gambar yang mendukung akan membuat calon konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat foto produk menjadi lebih menarik untuk iklan di Google Shopping ads.
Tips Foto Produk Untuk Google Shopping Ads
Gunakan model sebagai objek
Tips pertama yang bisa dilakukan untuk membuat suatu produk menjadi lebih menarik yaitu dengan menggunakan model sebagai objek foto Anda. Banyak orang yang merasa terbantu jika foto produk yang digunakan menggunakan model sebagai objek.
Sehingga konsumen bisa mengira-ngira apakah produk yang digunakan oleh model cocok dengan ukuran tubuh mereka atau tidak jika produk yang Anda jual merupakan produk fashion.
Selain menggunakan model sebagai objek maka Anda juga harus mencantumkan informasi penting dari produk yang dijual.
Kualitas tinggi dan dari berbagai sudut
Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu dalam mengambil foto produk untuk Google Shopping ads Anda harus menggunakan kamera dengan kualitas yang tinggi sehingga hasil foto juga berkualitas.
Foto dengan resolusi tinggi akan membantu calon pembeli untuk memahami produk yang Anda jual meskipun hanya melalui sebuah foto. Selain itu ambil juga gambar dari berbagai sudut sehingga lebih lengkap lagi penjelasan produk melalui foto.
Unggahan produk dalam bentuk video
Selain bisa mengunggah foto produk Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengunggah produk dalam bentuk video. Calon konsumen juga membutuhkan video untuk referensi mereka.
Bahkan tahun penelitian 85% orang cenderung memesan produk ketika sudah melihatnya dalam bentuk video. Video produk ini akan membantu calon konsumen untuk dapat lebih memperhatikan produk yang ditawarkan.
Bahkan konsumen juga lebih paham Bagaimana cara penggunaannya. Dapat dikatakan bahwa video produk ini lebih informatif jika dibandingkan dengan foto.
Mengunggah foto produk sebanyak mungkin
Tips selanjutnya yang bisa dilakukan agar foto produk untuk Google Shopping ads lebih maksimal Anfa bisa mencoba untuk mengunggah foto produk dalam jumlah yang banyak.
Lebih banyak foto atau gambar yang diunggah maka bisa membantu calon konsumen untuk lebih memahami produk tentunya dengan foto produk yang berbeda-beda dengan menampilkan setiap detail produk.
Terlebih lagi jika foto yang Anda unggah berhasil memperlihatkan detail produknya yang dengan sangat baik maka Konsumen akan sangat terbantu. Hal ini juga dapat membantu meyakinkan calon konsumen seolah mereka sedang melihat produk secara nyata. Cara ini mampu membantu untuk meningkatkan penjualan karena detail foto produk yang lebih jelas.
Psikologi warna yang digunakan
Dalam menggunakan foto produk untuk Google Shopping Anda juga harus menggunakan palet warna yang menghasilkan kepribadian dari pemilik produk yang diunggah atau brand. Warna dijadikan sebagai hal yang sangat penting dalam mengenalkan sebuah merek.
Warna utama dalam sebuah produk bisa berpengaruh untuk dapat membangkitkan emosi calon pembeli.
Menggunakan dasar-dasar image SEO
Tips selanjutnya yang harus dilakukan agar bisa memaksimalkan foto produk untuk Google Shopping ads yaitu dengan memaksimalkan dasar dari image SEO. Image SEO ini merupakan sebuah cara untuk bisa membawa gambar yang diunggah menuju ke peringkat pada hasil pencarian.
Meskipun Google bisa mendeteksi gambar tanpa Anda harus menerapkan judul ataupun alt text tetapi optimasi dari image CEO ini bisa diperlukan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Hal-hal dasar yang perlu diterapkan untuk menggunakan image SEO yaitu sebagai berikut.
- Menuliskan nama file gambar yang dilakukan secara deskriptif
- Ukuran gambar harus dikompres
- Menggunakan jenis file yang umumnya digunakan yaitu JPEG, PNG, dan GIF.
- Mencantumkan alt text dan caption dengan lengkap. Pastikan foto yang diunggah juga mau representasikan produk yang ditawarkan.
Resolusi foto yang digunakan juga harus kualitas yang optimal sehingga calon Konsumen juga lebih yakin dengan produk yang ditawarkan. Menampilkan gambar produk yang sedang digunakan oleh model bisa membantu calon konsumen untuk lebih meyakinkan diri melakukan pembelian dari produk yang Anda tawarkan.
Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan foto produk untuk Google Shopping ads. Beberapa tips di atas wajib untuk dilakukan agar foto produk yang digunakan dalam iklan menjadi maksimal.