Tips Menggunakan Foto Produk untuk Meningkatkan Konversi E-commerce

meningkatkan konversi e-commerce

Meningkatkan konversi e-commerce dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yang ada. Salah satu cara yang dianggap paling rasional dan mudah untuk dilakukan adalah dengan cara penggunaan foto produk atau barang dagangan yang akan diperjualbelikan.

Penggunaan foto produk seperti ini kerap digunakan oleh beberapa pelaku usaha atau bisnis demi menjaga agar stabilitas produk yang ditawarkan cenderung naik serta meningkat. Selain itu, menggunakan foto produk seperti ini dinilai lebih menjual dan juga low budget.

Dengan menampilkan foto produk pada platform e-commerce, Calon pembeli atau konsumen dapat melihat dan mereview terlebih dahulu produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha. Pembeli tentu lebih memilih untuk berbelanja produk yang foto produknya terpampang.

Beberapa Tips Menggunakan Foto Produk Untuk Meningkatkan Konversi E-commerce

Meskipun untuk dalam meningkatkan konversi e-commerce menggunakan foto produk terhitung sangat mudah dan efisien, namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal. Hal ini diperlukan agar penggunaan foto produk yang Anda gunakan berhasil.

Supaya Anda dapat menggunakan foto produk pada platform e-commerce dengan efektif serta efisien, Anda memerlukan beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda. Berikut ini sedikit tips dalam menggunakan foto produk demi menaikkan konversi e-commerce.

1. Pilih kamera yang sesuai

Untuk dapat menghasilkan foto produk yang terbaik, Anda sudah pasti harus menggunakan perangkat foto atau kamera yang paling baik. Mengambil foto produk menggunakan kamera yang bagus tentu akan menghasilkan gambar yang bagus dan menjual.

Anda dapat menggunakan kamera dengan resolusi tinggi serta fitur autofocus agar hasil foto produk yang Anda jepret berkualitas baik. Jika Anda tidak memiliki kamera, Anda dapat mengakalinya dengan handphone atau smartphone yang Anda miliki.

2. Latar belakang atau background

Selain kamera yang Anda gunakan untuk mengambil gambar, Anda juga harus memperhatikan latar belakang maupun background yang hendak Anda gunakan. Untuk hasil foto yang baik, Anda bisa menggunakan warna latar belakang yang polos, misalnya warna putih.

Warna putih pada background akan membuat foto produk yang Anda miliki menjadi lebih cerah dan terang. Ini tentu akan membuat foto produk yang akan Anda gunakan pada platform e-commerce menjadi lebih menjual dan dapat menarik minat para pembeli.

3. Ambil foto produk dari beberapa angle

Usahakan jangan mengambil foto produk di satu angle saja. Anda bisa mengambil foto dalam berbagai sudut maupun angle yang ada. Dari sekian banyak foto produk yang sudah Anda ambil pasti ada beberapa jenis foto yang menghasilkan kualitas terbaik.

Anda dapat melakukan pemilihan dan penyaringan foto tersebut dan mengambil beberapa foto yang ada dalam upaya meningkatkan konversi e-commerce. Setelah Anda memutuskan foto mana yang akan Anda pilih, Anda bisa melakukan editing lagi atau langsung memakai foto tersebut pada platform.

4. Perhatikan lighting atau pencahayaan

Dalam melakukan pengambilan foto produk, lebih baik Anda menggunakan ruangan atau tempat di mana memiliki pencahayaan yang cukup. Anda juga bisa menggunakan lighting jika Anda memutuskan untuk mengambil foto di dalam ruangan.

Pencahayaan yang cukup dapat memunculkan warna yang terdapat pada foto produk Anda. Pencahayaan ini juga membantu agar foto Anda terlihat dengan jelas dan sudah pasti dapat menaikkan nilai jual produk yang Anda tawarkan.

5. Lakukan proses editing

Biasanya, proses editing seperti ini akan dilakukan pada akhir proses setelah Anda melakukan pengambilan, pemilihan dan penyaringan pada foto produk. Untuk menambah daya jual produk, fase editing ini dianggap perlu bagi Anda.

Melakukan proses editing berikut sangat diperlukan untuk finishing hasil foto yang sudah Anda ambil dan pilih. Anda bisa meningkatkan kontur cahaya, kontras, memberikan sentuhan lain yang dapat meningkatkan kualitas foto produk Anda sebelum Anda gunakan.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, tentu Anda akan mendapatkan hail foto produk yang berkualitas tinggi. Hal ini akan membantu penjualan produk maupun jasa yang Anda tawarkan pada konsumen, dan bukan tidak mungkin akan meningkatkan keuntungan dalam penjualan.

Fungsi Dari Foto Produk Dalam Berbisnis

Sesudah Anda memahami dan mempelajari tips dasar dalam menggunakan foto produk demi meningkatkan konversi e-commerce, saatnya kini Anda beralih ke fungsi dari foto produk. Tentu saja foto produk ini memiliki beberapa macam fungsi yang perlu Anda cermati.

Beberapa fungsi dari foto produk yang dapat Anda lihat dalam berbisnis dapat Anda tengok pada pembahasan berikut.

1. Menambah daya tarik serta nilai jual

Yang pertama tentu saja akan menambah nilai jual dari produk atau jasa yang akan Anda pasarkan. Menggunakan foto produk sebagai alat untuk menambah daya jual tentu sangat dibutuhkan demi kemajuan usah dan bisnis yang Anda jalankan.

Penggunaan foto produk dengan kualitas yang baik dan bagus tentu saja akan menambah daya tarik dari calon pembeli atau konsumen yang melihatnya. Untuk itu, menghasilkan foto produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang sangat Anda butuhkan.

2. Menaikkan reputasi akan bisnis yang Anda jalankan

Keseriusan Anda membangun bisnis dengan cara menggunakan foto produk ini sedikit banyak tentu akan menaikkan pula reputasi dari usaha maupun bisnis yang Anda kelola. Hal ini tentu sangat membantu Anda yang berniat mengembangkan usaha serta bisnis Anda.

Di saat kepercayaan dari pembeli yang naik, tentu para pembeli itu akan semakin yakin untuk membeli produk-produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak pembeli yang percaya dan membeli produk Anda, otomatis penjualan Anda juga akan meningkat.

3. Omset semakin bertambah

Upaya Anda dalam menggunakan foto produk dalam meningkatkan konversi e-commerce juga akan berdampak positif pada omset yang Anda peroleh. Semakin meningkat penjualan produk yang Anda pasarkan, semakin besar pula omset yang Anda dapatkan.

Tidak dapat dipungkiri, menggunakan foto produk dalam e-commerce akan membuat nilai jual produk Anda meningkat dan berimbas positif dengan naiknya omset penjualan yang Anda dapatkan dari produk serta jasa yang Anda tawarkan.

4. Menjadi identitas produk Anda

Menggunakan foto produk secara tak langsung juga mampu membuat Anda memiliki identitas yang berbeda dari kompetitor bisnis Anda yang menjual produk serupa. Ini bisa menjadi salah satu strategi yang Anda gunakan untuk mengenalkan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, pembeli dan konsumen yang melihat foto produk yang Anda pasang akan dapat dengan mudah mengenali produk Anda. Ini tentu membantu Anda untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan pada platform e-commerce.

Memiliki bisnis yang menjanjikan dan berkembang tentu menjadi mimpi yang ingin Anda dan setiap orang raih. Berkaca pada fungsi yang ditawarkan jika Anda menggunakan foto produk supaya meningkatkan konversi e-commerce, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menggunakan foto produk pada platform e-commerce.

Seberapa bergunakah informasi ini?

Klik bintang untuk memberi rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 4

Belum ada vote! Jadilah yang pertama memberi rating untuk informasi ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top