Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan branding dan penjualan produk di toko online milikmu. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan foto produk di sosial media. Foto produk yang menarik akan menjadi daya tarik dari sebuah toko online.
Saat belanja secara online, customer tidak bisa melihat produk secara langsung. Mereka hanya bisa mengamatinya lewat foto yang diunggah oleh toko online. Maka dari itu, penting membuat foto produk yang menarik supaya banyak calon pembeli yang tertarik.
Kenapa Foto Produk Sangat Penting untuk Branding Bisnis?
Saat akan belanja secara online, hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli adalah gambar atau foto dari produk tersebut. Jadi, bisa dikatakan bahwa foto produk yang ditampilkan oleh toko online memegang peran penting terhadap tingkat penjualan.
Toko online yang ramai dikunjungi, sudah pasti memiliki foto produk yang menarik. Jika foto produk yang kamu pajang di toko online menarik , maka hal ini akan membuat lebih banyak pengunjung dan pembeli. Hal ini karena mereka tertarik dengan foto produk tersebut.
Beberapa alasan pembuatan foto produk di sosial media yang menarik antara lain:
- Menarik minat pembeli terhadap produk yang dipromosikan di media sosial.
- Membangun identitas brand sebuah bisnis online.
- Meningkatkan keputusan pembeli untuk membeli produk.
Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk visual yang cenderung lebih melihat sesuatu dari tampilan fisiknya. Oleh karena itu, membuat foto produk yang bagus sangatlah penting. Tujuannya supaya customer lebih tertarik dan tidak ragu untuk membeli produk.
Sebaliknya, jika kamu memasang foto produk yang biasa-biasa saja, maka peminatnya akan lebih sedikit. Mereka mengira bahwa foto produk di sosial media yang kamu jual tidak bagus, padahal sebenarnya produk tersebut memiliki kualitas yang baik.
Jadi, sudah jelas bahwa foto produk harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin. Dengan begitu, maka akan lebih banyak customer yang tertarik untuk membelinya. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan foto produk di platform sosial media? Yuk, cek penjelasan berikut!
Ini Dia, 10 Cara Mengoptimalkan Foto Produk di Platform Sosial Media
Mengoptimalkan foto produk yang akan diunggah di platform sosial media sebenarnya cukup mudah. Tidak melulu harus menggunakan kamera mahal untuk mendapatkan hasil foto produk terbaik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan foto produk.
1. Siapkan Kamera dan Perlengkapannya
Kamera merupakan hal yang paling krusial saat pembuatan foto produk. Memiliki kamera dan perlengkapan fotografi adalah investasi yang sangat berguna. Kamera akan membuat proses pengambilan foto jadi lebih mudah.
Dengan kamera, kamu bisa mengontrol pencahayaan, resolusi, kontras, dan menggunakan fitur lain untuk menghasilkan gambar lebih bagus. Namun, jika belum memiliki kamera, kamu bisa menyewa kamera atau menggunakan smartphone saja.
2. Pastikan Pencahayaan Baik
Salah satu rahasia utama dalam fotografi adalah pencahayaan. Pasalnya, sumber cahaya akan sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Tanpa sumber cahaya yang baik, maka sebagus apa pun produk yang difoto hasilnya jadi kurang maksimal.
Cahaya tidak boleh terlalu terang atau terlalu gelap karena bisa mengaburkan warna dan juga detail produk. Ini artinya, pencahayaan harus disesuaikan sampai hasilnya bagus. Kamu bisa memanfaatkan sumber cahaya matahari maupun cahaya lampu.
3. Pilih Angle Foto yang Sesuai
Perlu diketahui bahwa angle atau sudut pengambilan foto juga berpengaruh terhadap tampilan hasil foto produk di mata pembeli. Tentu saja, sudut pengambilan foto yang cocok untuk setiap produk berbeda-beda. Jadi, harus disesuaikan dengan kebutuhan produk.
Contohnya, produk berupa baju akan lebih cocok difoto dari bagian depan, sedangkan produk berupa makanan atau minuman lebih menarik dari samping. Ambil beberapa angle foto untuk menemukan hasil foto yang terbaik dari berbagai sisi.
4. Pakai Tripod untuk Hasil Lebih Konsisten
Hasil foto produk di sosial media akan lebih maksimal jika pengambilan gambar dilakukan menggunakan tripod. Alat ini sangat berguna agar penampilan foto produk lebih konsisten. Dengan tripod, pengambilan foto produk juga akan lebih mudah dan praktis.
Saat menggunakan tripod, lensa kamera sudah benar-benar dalam posisi terbaik, sehingga lebih cepat untuk membidik. Bayangkan saja jika memegang kamera dengan tangan dan jumlah produk yang difoto sangat banyak, tentu sangat melelahkan bukan?
5. Gunakan Bantuan Model
Ada beberapa produk yang akan lebih menarik jika didemonstrasikan oleh model. Misalnya produk berupa pakaian, sepatu, tas, dll. Foto produk dengan model akan sangat membantu untuk memberikan gambaran lebih jelas pada calon pembeli mengenai pemakaian produk.
6. Coba Beberapa Style
Sebelum melakukan photoshoot produk, kamu tentu harus membuat ide konsep terlebih dahulu. Tidak ada salahnya untuk membuat beberapa style atau konsep foto produk. Misalnya dengan menggunakan latar belakang dan aksesoris yang berbeda.
Namun, pastikan untuk memilih background dan aksesoris yang cocok untuk produk tersebut. Jangan sampai memilih aksesoris yang tidak relevan dengan produk. Pilih aksesoris yang bisa menambah nilai produk menjadi lebih bagus.
7. Pilih Background Sebaik Mungkin
Pemilihan warna latar belakang atau background yang tepat sangat penting untuk foto produk. Selain bisa membuat pembeli jadi lebih fokus pada produk, warna background juga akan membantumu saat melakukan proses editing.
Saat membuat foto produk di sosial media, harus melalui proses editing terlebih dahulu. Baik itu menghilangkan beberapa bagian yang tidak diinginkan, mengubah warna latar belakang, dll. Jadi, pastikan kamu memilih background yang sesuai dengan tema produk.
8. Atur Tata Letak Produk
Hal yang tidak kalah penting dalam membuat foto produk adalah mengatur tata letaknya. Mengatur tata letak produk mungkin terlihat mudah. Namun, pada kenyataannya tidaklah semudah itu karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Pastikan produk mendapatkan pencahayaan, posisi, serta angle yang pas. Posisikan produk di bagian depan background menggunakan permukaan yang datar. Kamu juga bisa menambahkan properti atau aksesoris pendukung agar produk semakin menarik.
9. Coba Trend Foto Produk
Tren fotografi selalu berkembang setiap waktu. Termasuk tren untuk foto produk. Kamu bisa menggunakan tren foto produk yang sedang hits saat ini. Style foto produk dengan konsep yang sedang trend bisa meningkatkan minat calon pembeli untuk membeli produk tersebut.
10. Edit Foto Seperlunya
Jika foto produk sudah selesai, jangan lupa untuk melakukan proses editing. Proses ini sangat penting untuk menghasilkan foto produk yang lebih baik. Kamu bisa menghapus objek yang tidak diperlukan, menyesuaikan pencahayaan, dan mengoreksi warna.
Usahakan foto produk tetap terlihat natural meskipun sudah diedit. Tambahkan watermark pada setiap foto tersebut supaya tidak digunakan oleh orang lain. Jangan lupa untuk perkecil ukuran foto atau compress sebelum diunggah di media sosial atau website.
Foto produk di sosial media adalah representasi dari sebuah brand. Jika brand bisnismu ingin terlihat baik di mata calon pembeli, pastikan untuk membuat foto produk yang menarik. Gunakan jasa foto produk terbaik Light Box Indonesia untuk hasil foto yang lebih sempurna.