Mengoptimalkan Foto Produk untuk Iklan Facebook dan Instagram

foto produk untuk Facebook dan Instagram

Di era yang modern seperti sekarang ini , orang membutuhkan informasi secara cepat dan banyak sekali yang membutuhkan barang dan memanfaatkan iklan untuk mencari referensi yang tepat. Maka dari itu, bagi Anda yang tertarik untuk membuat iklan bisnis, Anda perlu memperhatikan teknik membuat foto produk untuk Facebook dan Instagram berikut ini.

Teknik Membuat Foto untuk Produk di Facebook dan Instagram

Penempatan foto menyesuaikan ratio aspek yang tepat

Tiap sosial media membutuhkan rasio aspek yang berbeda, untuk itu Anda perlu mencari tahu berapakah rasio yang tepat yang paling sesuai untuk sosial media tertentu, apakah 1:1 atau 16:9 dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan fitur Pengelola Iklan agar Anda bisa menggunakan gambar yang sama di beberapa platform sosial media.

Gambar memiliki resolusi dan kualitas yang tinggi

Anda bisa melihat berapakah ukuran maksimum yang bisa Anda gunakan. Cobalah untuk menggunakan gambar kualitas terbaik yang Anda miliki agar bisa menarik perhatian. Tetapi usahakan jangan terlalu banyak menggunakan Photoshop.

Pastikan logo dan merek Anda terlihat jelas

Tarik kepercayaan para calon konsumen dengan menunjukkan merek yang sudah kredibel, atau jika ini merek baru, maka buatlah nama dan desain merek yang meyakinkan.

Beritahu tentang produk Anda dan siapa saja yang menggunakannya

Cara ini akan memberikan gambaran jelas pada calon pembeli mengenai produk dan juga penggunaannya. Dengan memilih model yang mewakili target pasar Anda akan membuat produk semakin menarik.

Mengatur overlay teks

Perhatikan komposisi dan juga keseimbangan desain jika Anda ingin menambahkan teks. Jangan sampai teks secara contrast menutupi gambar desain inti dan membuat iklan jadi terhalangi teks.

Memfokuskan pesan Anda

Pastikan Anda memotong gambar dengan rapi dan baik agar bisa menarik perhatian pelanggan dan supaya hasilnya baik, maka disarankan menggunakan format carousel.

Atur warna, dan filter

Pilih kombinasi warna yang menarik dan juga pas dengan isis konten yang Anda tawarkan. Misalkan pada saat Anda menawarkan diskon, gunakan warna yang cerah, atau gunakan warna yang calm untuk konten mengenai kecantikan.

Tinjau kembali iklan Anda

Manfaatkan pratinjau Pengelola Iklan agar Anda bisa melihat seperti apakah tampilan iklan itu ditampilkan pada saat Anda memosisikan sebagai calon pembeli yang sedang melihat iklan Anda.

Itulah pembahasan awal mengenai optimalisasi foto produk untuk Facebook dan Instagram. Menyusul jaman keemasan Facebook, Instagram menjelma menjadi platform sosial media yang sangat popular dan banyak dimanfaatkan untuk memasang iklan dengan layanan Instagram Ads yang dimilikinya.

Cara dan Tips Penggunaan Instagram Ads

Penggunaan Instagram Ads secara maksimal untuk beriklan perlu memperhatikan perencanaan dan tata cara penggunaannya agar lebih maksimal, dan berikut adalah tipsnya.

1. Menyusun Strategi

Anda perlu untuk menyusun strategi sebelum benar-benar membuat sebuah iklan yang akan Anda pasang pada Instagram Ads Anda. Salah satunya adalah dengan menentukan target iklan. Target di sini adalah orang-orang yang Anda jadikan target pemasaran produk. Maka penting untuk mengetahui berapakah kisaran jumlahnya agar Anda bisa memperkirakan hasil akhir dari strategi ini.

Anda akan memerlukan perencanaan yang tersusun rapi agar eksekusi pada Instagram Ads tidak kacau, dan memastikan target audiens yang tepat sasaran. Dengan baiknya strategi ini akan memberikan Anda keuntungan besar berupa awareness yang tinggi dari para pelanggan. Baca: Tips Memilih Jasa Foto Produk & Harga Jasa Edit Foto untuk Bisnis Anda

2. Visual Paling Utama

Memasang iklan pada Instagram Ads artinya Anda harus mampu memberikan konten visual dengan kualitas terbaik. Salah satu hal yang paling penting adalah dengan memperhatikan kualitas foto produk untuk Facebook dan Instagram yang bisa menarik perhatian para konsumen untuk setidaknya mau melihat konten Anda.

Gunakan caption berupa teks berisi informasi tambahan untuk melengkapi konten secara kualitas dan mudah dimengerti oleh target pasar. Buatlah konten yang berkualitas dengan memberikan tampilan foto yang estetik, menarik dan juga memiliki resolusi yang tinggi dan terbaca dengan jelas.

Dengan cara itulah maka Anda akan bisa menarik minat calon pembeli secara masif. Bahkan jika Anda tak memiliki keahlian dalam pembuatan konten, jangan ragu untuk membayar jasa ahli untuk membuat foto produk untuk Facebook dan Instagram dalam konten estetik. Baca: Tips Mengoptimalkan Foto Produk untuk Google Shopping Ads

3. Menggunakan Hashtag

Kita tahu bahwa hashtag adalah hal yang melekat pada penggunaan Instagram dan tentu saja ini akan sangat membantu dalam upaya periklanan. Ini karena penggunaan hashtag secara efektif akan memperlihatkan konten dengan tema yang sama. Maka saat target secara acak mencari hashtag yang terkait, kemungkinan besar iklan Anda akan ditampilkan.

Tetap saja Anda harus membuat hashtag seperlunya saja, dan Anda tidak perlu menuliskan hashtag secara berlebihan atau bahkan yang tidak ada hubungannya dengan konten yang Anda promosikan.

Cukup dengan menggunakan kata yang tepat dan memiliki korelasi yang cukup dengan tema yang Anda promosikan akan meningkatkan peluang kunjungan ke tempat Anda. Baru setelah target pasar masuk ke akun jualan online Anda melalui hashtag, mereka akan mulai berlangganan.

4. Menyertakan Audiens

Jika Anda akan membuat promo untuk target pasar, maka Anda juga perlu untuk melibatkan mereka agar promosi bisa lebih berhasil. Anda bisa melibatkan audiens dengan cara memberikan komentar-komentar menarik pada postingan iklan Anda dan memberikan giveaway dengan cara memberikan syarat tertentu seperti menandai teman mereka ada postingan tersebut dan sebagainya. Baca: 5 Tips Foto Produk Untuk Iklan Agar Terlihat Menarik

Cara ini dinilai cukup efektif di mana ini membuat para target pasar atau audiens mempromosikan produk Anda kepada teman mereka pada saat mereka mention untuk mengikuti giveaway tersebut.

Selain itu, ini juga bisa digunakan sebagai ajang interaksi dengan konsumen. Pastikan bahwa orang yakin program giveaway ini nyata agar Anda mendapat kepercayaan lebih dari calon pelanggan.

5. Atur Anggaran dan Jadwal Tayang

Kita tahu bahwa memasang iklan dengan Instagram Ads tidaklah murah karena menggunakan tarif berbasis dollar dan juga berkaitan dengan jam tayang yang tarifnya bisa berbeda-beda. Jika Anda juga pengguna Facebook Ads maka penggunaan Instagram Ads bukanlah hal yang terlalu sulit karena mereka menginduk ke perusahaan yang sama.

Instagram Ads ini bisa membantu Anda dalam mengatur jadwal penayangan dalam 24 jam dan akan ditutup iklannya jika targetnya dianggap sudah mencukupi. Pilihlah jam tayang yang sesuai dengan budget yang Anda punya agar tak memberatkan.

6. Menggunakan Sticker dalam Foto

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah jangkauan marketing Anda, salah satunya dengan menggunakan stiker pada foto produk untuk Facebook dan Instagram.

Stiker ini akan bisa digunakan pada iklan yang Anda pasang melalui stories Pada saat Anda menggunakan stiker pada iklan story, maka itu bisa membantu pengguna untuk langsung menuju ke produk atau akun Anda.

Umumnya Instagram akan merilis sebuah stiker khusus pada momen tertentu, maka ini akan banyak membantu Anda pada saat target pasar atau audiens sedang melihat story Anda dan melihat stiker khusus itu. Karena biasanya mereka akan semakin tertarik untuk mengunjungi profil bisnis Anda.

Itulah beberapa keuntungan dalam mengoptimalkan foto produk untuk Facebook dan Instagram, di mana kualitas foto iklan yang tinggi akan mendorong minat pembeli. Semoga bermanfaat.

Seberapa bergunakah informasi ini?

Klik bintang untuk memberi rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 2

Belum ada vote! Jadilah yang pertama memberi rating untuk informasi ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top