Foto Produk Terbaik: Tips Membuat Produk Anda Terlihat Menjual di E-commerce

foto produk terbaik

Membuat foto produk terbaik kini bukanlah hal yang sulit lagi. Apalagi ada banyak cara yang bisa Anda ikuti. Bahkan ketika terkendala untuk mengikutinya menyewa jasa fotografer bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.

Foto produk menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Sebab dengan adanya foto calon pembeli bisa memperoleh gambaran terkait barang yang akan mereka beli. Selain itu sebagai pengusaha peluang memperoleh banyak keuntungan bisa didapatkan dari foto produk ini.

Apa Foto Produk Itu?

Foto produk adalah sebuah gambar yang digunakan untuk memasarkan barang dari sebuah usaha. Biasanya foto ini dapat ditemukan di website tempat di mana produk tersebut dijual ataupun di platform toko online.

Adanya foto produk sangat membantu terjualnya produk tersebut. Apalagi jika ada penjelasan detail di bawah foto yang telah dipasang. Karena calon pembeli pasti akan sangat membutuhkan informasi atau pun deskripsi dari barang. Mereka tidak akan ragu untuk membelinya saat penjelasan dan tampilan produknya menarik.

Tips Membuat Produk Terlihat Menjual di E-Commerce

Di era globalisasi ini ada banyak orang yang beralih profesi menjadi pebisnis. Hal ini terjadi juga karena kemudahan teknologi yang semakin pesat. Teknologi ini mampu membuat orang melakukan segala hal dengan mudah.

Tidak memiliki toko offline pun tidak masalah. Hanya bermodalkan produksi rumahan yang dipasarkan secara online dengan promosi melalui foto barang bisa langsung laku terjual. Untuk memperoleh kesuksesan ini tentu saja tetap ada trik-trik yang harus dilakukan.

Nah supaya produk yang Anda miliki juga laku terjual di E-Commerce. Berikut telah kami rangkum beberapa tips supaya produk Anda terlihat menjual di toko online.

1. Isi Lengkap Profil Toko

Memiliki foto produk terbaik memanglah penting, namun Anda juga perlu melengkapi profil toko. Jangan hanya mengedepankan foto produknya saja dan lupa profil tokonya tidak dilengkapi. Sebab hal ini akan membuat calon pembeli tidak yakin pada toko yang Anda miliki.

Lengkapi profil toko Anda mulai dari display picture, nama toko, link ke website toko online, deskripsi toko, jam operasional, media sosial, dan sebagainya. Buat profil toko semaksimal dan selengkap mungkin sehingga brand yang dimiliki menonjol.

Dengan kelengkapan ini calon pelanggan dapat merasa keprofesionalitasan toko. Lapak yang Anda miliki juga terlihat aktif sehingga meningkatkan rasa percaya pelanggan untuk bertransaksi.

2. Foto Produk dan Deskripsi

Tips berikutnya agar jualan Anda laku di toko online yakni dengan menampilkan foto produk terbaik. Selain foto produk jangan lupa untuk menambahkan deskripsi. Misalnya seperti warna, spesifikasi, ukuran, material, stok, dan lainnya.

Foto produk dan deskripsi ini dapat menarik perhatian orang untuk mencari tahu lebih detail mengenai produk Anda. Jika perlu, gunakan model asli untuk produk pakaian agar tampilannya lebih jelas bagi pada calon pelanggan.

Anda bisa gunakan jasa fotografer profesional dalam hal ini. Sebab hasilnya akan lebih berkualitas karena perangkatnya yang mumpuni. Foto produk bisa ditampilkan dalam berbagai sisi dan pastikan tampilannya sesuai dengan aslinya.

Sehingga pembeli nantinya memiliki gambaran sebelum check out produk Anda. Jadi seimbangkan foto produk dan deskripsinya supaya informasinya tersampaikan. Kualitasnya juga dapat dilihat dari foto produk dan review pembeli sebelumnya.

Dengan mencantumkan deskripsi yang lengkap Anda memudahkan pengalaman berbelanja para pelanggan. Ini akan meningkatkan performa toko menjadi lebih baik dan memperoleh banyak rekomendasi positif.

3. Menyediakan Beraneka Ragam Jasa Pengiriman

Keputusan pelanggan terkadang juga dapat dipengaruhi dari pilihan jasa pengiriman. Jadi selain foto produk terbaik dan deskripsi, menyediakan banyak pilihan jasa akan menentukan minat pembeli. Mereka dapat bebas menentukan kapan menerima barang sesuka hati.

Di samping itu, untuk beberapa layanan jasa kirim ada perbedaan dalam menawarkan jasa pengiriman. Misalnya dari ongkos kirim yang lebih murah atau bahkan estimasi waktu sampai yang lebih cepat dari lainnya.

Oleh karena itu menyediakan jasa kirim yang beragam ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam layanan dan pembelian. Anda dapat bekerja sama dengan ekspedisi yang paling terpercaya agar meningkatkan kepercayaan pembeli.

4. Murah

Jika menampilkan foto produk terbaik saja belum bisa meningkatkan target penjualan, kamu bisa memasang harga terjangkau untuk produk yang kamu miliki. Sebab di E-commerce kebanyakan produk yang dijual relatif murah jadi Anda juga harus menerapkan hal ini.

Meskipun begitu Anda tidak boleh sampai rugi dengan menerapkannya. Lakukan analisis kompetitor sehingga Anda bisa menentukan berapa harga jual yang tepat untuk produk yang Anda jual. Riset pasar ini sangat penting dilakukan sebelum memulai bisnis.

Jadi ini akan sangat membantu produk Anda laku di pasaran. Tidak terlalu murah ataupun mahal, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang pantas dari penghasilan produk yang dijual.

5. Rutin Memberikan Promo

Tips selanjutnya agar produknya semakin laris terjual yakni dengan pemberian promo. Misalnya dalam bentuk gratis ongkir, cashback, potongan harga, dan lainnya. Ini akan membantu pelanggan untuk semakin tertarik dan yakin dalam berbelanja. Baca: Kiat Mengoptimalkan Foto Produk di Marketplace E-commerce

Buat promo untuk berbagai program yang berbeda, misal promo pada pembelian pertama, promo untuk paket bundling, potongan harga untuk pembelian selanjutnya, dan lain-lain. Anda juga bisa turut berpartisipasi pada festival atau pameran yang diadakan marketplace tempat di mana Anda berjualan.

Salah satu contohnya pada tanggal kembar 4.4 dan 8.8 atau harbolnas di tanggal 12.12. Dengan begitu lapak Anda dapat dilihat banyak orang. Kemungkinan untuk memperoleh pelanggan baru sangat besar.

Semakin banyak viewers di toko online maka semakin tinggi pula kesempatan jualan yang akan didapatkan. Lakukan strategi ini semaksimal mungkin, jangan sampai dengan memberi banyak promo tetapi malah merugi.

Untuk itu buat perhitungan harga promo sebelum menerapkannya. Dengan teknik ini Anda akan tetap memperoleh keuntungan. Penjualan dan keuntungan akan tetap seimbang.

6. Lakukan Promosi Lapak dan Produk

Untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki tentunya ada banyak cara. Anda bisa memanfaatkan sosial media dan fitur ads-nya. Dengan hal ini Anda bisa menjangkau calon pembeli semakin cepat dan banyak.

Namun Anda perlu modal untuk mempromosikannya di sosial media ads. Jika masih pemula kamu bisa mencoba promosi gratis melalui feed marketplace. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk promosi. Baca: Tips Menggunakan Foto Produk untuk Meningkatkan Konversi E-commerce

Bahkan Anda bisa menghubungkan halaman toko online dengan akun media sosial bisnis ataupun web jualan online yang Anda miliki. Cara ini akan semakin membuat banyak orang mengenal dan tahu bahwa toko Anda menjual produk yang menarik.

7. Menggunakan Fitur Marketplace

Dengan adanya fitur marketplace yang semakin beraneka ragam Anda bisa memanfaatkannya supaya membantu promosi toko. Dengan begitu penjualan Anda dapat semakin meningkat.

Pelajari fitur dan pilih mana yang paling bermanfaat agar mendukung penjualan. Jadi selain memanfaatkan foto produk terbaik untuk di pasang di toko online, fitur marketplace juga sangat penting untuk diketahui sehingga menunjang penjualan.

Seberapa bergunakah informasi ini?

Klik bintang untuk memberi rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Jumlah vote: 7

Belum ada vote! Jadilah yang pertama memberi rating untuk informasi ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Scroll to Top