Foto produk merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam meningkatkan penjualan pada saat menjual dagangan. Dikutip dari website di internet, hampir 75% dari pembeli di layanan e-commerce meyakini bahwa foto produk membantu dan mempengaruhi keputusan dalam pembelian suatu produk.
Berdasarkan pengambilannya, ada perbedaan foto produk studio dan outdoor. Meskipun antara satu dengan yang lainnya memiliki keunggulan masing-masing yang dapat membantu proses penjualan berjalan dengan baik bagi seller.
Nah, guna mengetahui informasi perbedaan antara foto produk yang dilakukan di studio dan outdoor, simak penjelasannya di bawah ini yuk!
Pengertian Foto Produk
Fotografi produk merupakan bentuk pengambilan gambar dari sebuah produk yang akan dipasarkan. Pengambilan gambar tersebut dimaksudkan agar dapat menjelaskan fungsi dan juga bentuk dari produk yang nantinya dipasarkan.
Tidak hanya itu, pengambilan gambar untuk produk juga sebagai penarik minat pembeli agar nantinya produk dapat laris terjual. Foto produk ini penting dan harus menjadi perhatian bagi para pelaku usaha di bidang apa pun.
Ada beberapa alasan mengapa foto produk ini penting untuk dilakukan. Berikut beberapa di antaranya
Meningkatkan keyakinan calon pembeli
Foto produk yang baik dapat meningkatkan minat calon pembeli untuk membeli produk yang dijual. Pasalnya dengan melihat produk dikerjakan dengan serius dan desain yang apik, maka pembeli akan bertambah yakin nantinya kalo penjual benar-benar membuat produk yang berkualitas dan terpercaya.
Membantu meningkatkan nilai jual produk
Foto produk secara profesional dapat membuat sebuah produk akan terlihat lebih elegan dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Lewat foto, nantinya pembeli dapat mengetahui produk apa yang ditawarkan tersebut.
Tidak hanya sekedar kata-kata saja, tampilan visual yang baik juga dapat membuat konsumen menjadi tertarik untuk memutuskan membeli suatu produk.
Menjadi identitas pelaku usaha
Adanya foto produk merupakan identitas dari penjual dalam menjual produk yang tengah dipasarkan. Nantinya calon pembeli akan mudah dalam mengetahui sebuah iklan dengan tampilan produk yang ditawarkan.
Perbedaan Foto Produk Indoor dan Outdoor
Setelah sebelumnya mengetahui tentang apa itu foto produk, selanjutnya pembaca perlu mengetahui apa sih perbedaan foto produk studio dan outdoor tersebut. Penjelasannya ada di bawah ini ya
Pengertian
Foto produk outdoor merupakan sebuah pengambilan foto produk yang mana dilakukan di luar ruangan atau studio. Foto ini umumnya dapat dilakukan di ruangan terbuka seperti di taman. Sedangkan foto produk indoor merupakan foto produk yang dilakukan di tempat terbatas dalam ruangan.
Beberapa tempat yang biasanya digunakan untuk foto produk seperti di kafe, restoran, gedung, kamar, studio dan lain sebagainya.
Waktu pengambilan gambar
Perbedaan foto produk studio dan outdoor selanjutnya adalah pada waktu pengambilan gambar. Pengambilan foto yang dilakukan secara indoor biasanya memakan waktu yang tidak lama. Umumnya tidak lebih dari 1 jam pemotretan.
Berbeda halnya dengan pengambilan foto produk yang dilakukan secara outdoor. Di mana waktu yang dibutuhkan cukup lama karena perlu mengambil sudut yang benar-benar tepat dan juga pencahayaan yang pas. Pemilihan lokasi biasanya akan memakan banyak waktu ketika pengambilan foto untuk produk dilakukan.
Tidak terganggu cuaca
Tidak seperti pengambilan gambar yang dilakukan secara outdoor, pengambilan foto produk yang dilakukan di dalam ruangan akan bebas dari gangguan cuaca. Pengambilan gambar untuk sebuah produk dapat dilakukan baik itu saat hujan atau terik matahari.
Lain cerita jika pengambilan gambar produk dilakukan di luar ruangan, di mana kondisi cuaca benar-benar harus diperhitungkan karena dapat berpengaruh pada proses pemotretan dilangsungkan. Bila cuaca sedang tidak baik, bisa jadi pengambilan tidak dapat dilakukan sementara waktu dan harus menunggu untuk cuaca yang baik.
Pilihan konsep
Perbedaan foto produk studio dan outdoor selanjutnya terletak pada konsep pengambilan gambar. Foto produk yang dilakukan di dalam ruangan biasanya cenderung terbatas konsepnya. Karena pilihan yang ditawarkan biasanya sudah paten dari pihak studio.
Berbeda dengan pengambilan gambar yang dilakukan di luar ruangan. Ada banyak konsep yang dapat diambil, seperti foto produk dengan konsep di alam, konsep di pantai atau konsep di gunung. Tentu dengan adanya konsep tersebut membuat produk yang ditawarkan akan terlihat menarik dan sesuai dengan tujuan pemasaran produk tersebut.
Kelengkapan
Bagi pelaku usaha yang ingin melakukan pengambilan foto produk secara indoor, agaknya harus benar-benar menyeleksi studio foto yang terbaik. Ini karena tidak semua studio menghasilkan tema yang sesuai dengan keinginan dari si penjual tersebut.
Lain halnya dengan proses foto yang dilakukan secara outdoor, biasanya aksesoris tambahan untuk foto dipersiapkan sesuai dengan tema yang nantinya akan dipilih. Jika konsep dilakukan di pantai, biasanya fotografer maupun penjual akan menyiapkan peralatan penunjang yang sesuai dengan konsep yang telah ditentukan tersebut.
Pencahayaan
Pengambilan foto produk yang dilakukan outdoor akan mendapatkan bonus pencahayaan yang lebih baik bila dibandingkan dengan foto produk yang dilakukan secara indoor. Terlebih jika intensitas cahaya matahari tengah terik-teriknya, bukan tidak mungkin cahaya yang dihasilkan akan pas dan fotonya akan terlihat begitu jelas.
Di foto studio, pencahayaan menggunakan cahaya lampu yang lebih fleksibel untuk diatur sesuai dengan kebutuhan dari produk yang ditampilkan. Sehingga produk dapat difoto dengan cahaya yang dapat dengan mudah disesuaikan oleh fotografer.
Biaya
Perbedaan foto produk studio dan outdoor yang lainnya adalah terkait dengan biaya yang dikeluarkan. Dalam hal ini, pengambilan foto yang dilakukan di studio umumnya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan foto yang dilakukan di luar ruangan.
Mengapa? Karena pemotretan yang dilakukan di luar ruangan biasanya membutuhkan biaya dalam hal akomodasi, transportasi, lokasi foto dan lain sebagainya. Di studio, penjual hanya perlu membayar sekali saja untuk jasa dan juga studio foto yang disediakan untuk pemotretan.
Sudut pengambilan gambar
Dalam hal sudut foto, pengambilan foto untuk produk di luar ruangan nyatanya lebih menjanjikan. Ini karena foto produk dapat diambil dari berbagai sudut yang paling menarik menurut fotografer. Dengan ruangan yang bebas, maka fotografer juga bebas untuk menentukan sudut mana yang akan diambil gambarnya bersama dengan produk.
Berbeda halnya jika pemotretan dilakukan di ruangan, umumnya sudut yang diambil akan sama dan tidak memiliki beragam variasi. Biasanya hanya menampilkan bagian depan maupun samping saja.
Editing
Pada proses editing, foto studio tampaknya akan lebih mudah dilakukan mengingat biasanya studio telah dilengkapi juga dengan ruang editing foto, sehingga hasil jepretan produk dapat langsung diproses dan dilakukan editing secara cepat untuk hasil yang terbaik.
Bila foto dilakukan outdoor, maka fotografer nantinya perlu melakukan editing pada saat selesai proses foto benar-benar dilakukan.
Demikian tadi informasi tentang perbedaan foto produk studio dan outdoor. Pembaca dapat memilih referensi pemilihan foto produk secara lengkap dengan mengunjungi website informasi lainnya seperti Light Box Indonesia.