Google My Business menjadi salah satu fitur Google yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis agar usahanya mudah ditemukan konsumen. Selain deskripsi dan alamat, kamu juga perlu menambahkan foto produk untuk Google My Business agar lebih menarik.
Perlu diperhatikan bahwa foto produk yang berkualitas sangat penting. Kenapa? Sebab dari foto tersebut akan memberi kesan pertama yang baik bagi calon konsumen.
Tips Mengoptimalkan Foto Produk agar Menarik
Sebaiknya foto produk yang dipasang jangan asal apalagi fotonya blur atau kurang fokus. Jika kamu adalah pemilik bisnis, simak tips mengoptimalkan foto produk berikut.
1. Pencahayaan yang cukup
Lighting atau pencahayaan memiliki peranan penting terhadap kualitas foto yang dihasilkan. Jika kamu ingin foto produk yang bagus, kamu harus memperhatikan sisi pencahayaan pada produk yang menjadi objek foto.
Atur intensitas cahaya yang mengenai objek foto sesuai kondisi, di dalam ruangan atau di luar ruangan. Kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami untuk foto produk yang bagus. Jika di dalam ruangan, usahakan untuk mengambil foto di tempat yang memiliki pencahayaan cukup.
Apabila dirasa pencahayaan alami kurang maksimal, kamu bisa menggunakan cahaya buatan. Gunakan lampu tambahan seperti lampu studio atau sejenisnya agar dapat memberikan efek yang bagus untuk foto produk kamu.
2. Atur background
Kamu bisa memaksimalkan hasil foto produk untuk Google My Business dengan menggunakan background yang tepat. Background polos biasanya jadi pilihan karena dapat memfokuskan hasil jepretan pada objek utama.
Selain itu, background netral juga lebih banyak dipilih karena lebih mudah untuk proses editing foto nantinya. Misalnya untuk menghilangkan bagian-bagian kecil yang tidak diinginkan atau untuk mengubah warna background.
Untuk produk yang berukuran kecil, kamu bisa menggunakan kertas putih sebagai background. Jangan terlalu banyak hiasan pada foto yang bisa membuat pelanggan kamu bingung mana produk yang dijual.
3. Ambil dari berbagai sudut
Angle atau sudut pengambil foto yang berbeda akan menghasilkan jepretan yang berbeda pula. Oleh sebab itu, kamu perlu mengeksplorasi dengan mengambil foto dari berbagai sudut. Jangan terpaku pada satu sudut supaya kamu bisa menemukan sudut foto yang paling bagus.
Selain itu, kamu mungkin bisa memasang foto produk yang sudah diambil dari berbagai sisi agar konsumen lebih tertarik. Biasanya konsumen akan mencari produk yang fotonya jelas, tidak hanya tampak depan saja tetapi juga dari sisi samping, atas, atau bawah.
Dengan mengambil lebih banyak foto, kamu juga bisa mendapatkan cadangan foto untuk diupload nantinya. Bayangkan jika kamu sudah repot-repot foto dan ternyata hasilnya blur, foto yang lain mungkin bisa jadi penyelamat.
4. Atur tata letak produk
Mengambil foto produk agar kelihatan bagus memang ada tekniknya. Kamu bisa menghasilkan foto produk yang bagus jika penempatan produk di depan background sudah tepat. Mungkin terdengar mudah, tetapi untuk foto yang terlihat profesional tidak semudah yang dibayangkan.
Foto produk untuk Google My Business yang terlihat profesional akan menjadi daya tarik tersendiri. Kamu harus memperhatikan tata letak produk, sudut pengambilan foto, dan pencahayaan yang tepat.
Letakan produk kamu tepat di tengah background agar presisi foto lebih baik. Pastikan produk kamu diletakkan di permukaan yang datar dan stabil. Boleh ditambahkan hiasan atau aksesoris, tetapi jangan berlebihan agar fokus foto tetap pada produk kamu. Baca: 5 Tips Foto Produk Untuk Iklan Agar Terlihat Menarik
5. Gunakan tripod
Mengambil gambar untuk foto produk tentu tidak bisa asal seperti foto biasa. Manfaatkan tripod untuk pengambilan foto produk kamu. Alat ini akan menjaga kualitas foto bagus dan konsisten.
Ketika menekan tombol shutter kamera, kamera mudah sekali ikut goyang yang bisa membuat hasil jepretan kurang bagus atau bahkan blur. Dengan tripod, kamu dapat menjaga kestabilan kamera dari tangan yang gemetar.
6. Perhatikan pengaturan brightness dan contrast
Pengaturan brightness dan contrast perlu diperhatikan supaya foto produk kamu dapat terlihat lebih bagus dan menarik. Brightness mengatur seberapa terang cahaya yang masuk dalam foto kamu. Sedangkan contrast mengatur perbedaan pencahayaan pada warna agar objek foto dapat dibedakan.
Buat pengaturan yang seimbang antara brightness dan contrast agar foto produk untuk Google My Business kamu lebih berkualitas. Biasanya dua komposisi tersebut saling berkaitan. Jadi, saat mengatur brightness, kamu juga wajib mengatur contrast agar foto terlihat jelas dan netral.
7. Ciptakan efek bokeh
Efek bokeh dapat memberikan mood yang berbeda pada foto produk kamu lho. Kamu bisa menggunakan aperture besar untuk foto dengan latar belakang blur. Efek bokeh ini akan membuat fokus kamera ada pada objek utama yaitu produk kamu.
Jika produk yang difoto berukuran kecil, kamu bisa menggunakan kamera makro. Pengambilan foto dengan kamera makro akan menghasilkan detail yang lebih jelas pada objek-objek kecil.
8. Menggunakan foto model
Beberapa produk mungkin akan terlihat lebih menarik jika menggunakan model. Misalnya untuk produk seperti gamis, maka perlu model yang memakai busana muslim tersebut. Pilih seseorang yang dirasa memiliki proporsi tubuh sesuai model pakaian yang kamu jual. Baca: Tips Mengoptimalkan Foto Produk untuk Google Shopping Ads
Bukan sebatas produk fashion saja, produk-produk lain seperti peralatan kecantikan, elektronik, gadget, dan lainnya juga lebih bagus dengan model. Biasanya foto model memeragakan untuk pura-pura menggunakan produk tersebut.
9. Membuat foto produk yang tematik
Membuat foto produk yang menarik memang memerlukan kreativitas. Kamu mungkin bisa membuat foto produk dengan tema tertentu agar lebih menarik. Misalnya kamu menjual mantel atau jas hujan, kamu bisa membuat foto dengan tema air dan hujan.
Untuk produk sepatu bola, kamu bisa membuat foto produk dengan tema stadion atau lapangan futsal. Photo shoot produk dengan tema tertentu akan membuat foto kamu berbeda dengan foto-foto produk yang mungkin sudah ada di internet.
10. Edit foto seperlunya
Dalam menghasilkan foto produk untuk Google My Business yang bagus memang tidak bisa sekali jepret. Kamu perlu teknik yang tepat agar foto kamu terlihat menarik di Google My Business. Selain pengaturan background, pencahayaan, sudut foto, dan hiasan, kamu juga bisa melakukan editing setelah pengambilan foto.
Gunakan aplikasi editing untuk memaksimalkan hasil jepretan produk kamu. Dalam proses editing, perhatikan koreksi warna, objek yang terlihat mengganggu, warna yang kurang pas, pencahayaan yang kurang tepat, dan lain sebagainya.
Lihat secara detail agar foto produk dalam satu frame yang akan kamu pasang di Google My Business benar-benar berkualitas. Kamu mungkin bisa menggunakan efek tertentu, tetapi sebaiknya tidak berlebihan. Editing yang terlalu berlebihan justru bisa membuat foto produk kamu tidak natural atau terlihat palsu.
Itulah beberapa kiat untuk mengoptimalkan hasil jepretan untuk foto produk. Kamu bisa memilih yang terbaik agar foto produk untuk Google My Business dapat menunjang bisnis kamu dan lebih menarik bagi calon konsumen.
Baca juga: